Monday, May 2, 2011

4 Langkah Sederhana Mengatasi WiFi Bermasalah

Wifi Anda Bermasalah?
Penyebabnya bisa macam-macam, dari hanya masalah setting sampai kerusakan wifi. Kadang-kadang, meskipun baru, Wireless LAN atau wifi bisa saja bermasalah. Jika Anda mengalami masalah wifi, Anda dapat mencoba 4 langkah berikut ini untuk mengatasi wifi bermasalah.
1. Periksa apakah tombol wifi sudah dihidupkan
Indikasi tombol wifi sudah hidup adalah lampu yang menyala pada tombol tersebut. Jika tombol wifi sudah anda tekan, tapi tidak ada nyala lampu atau tidak ada lambang wifi sama sekali di layar sebelah kanan bawah windows anda, kemungkinan anda belum menginstall driver wifi anda atau driver bawaan laptop anda tidak cocok. Laptop anda biasanya disertai CD Driver atau anda bisa mendownload di situs merek laptop anda.
2. Hidupkan Wireless Zero Configuration
Jika tombol wifi sudah menyala, lambang wifi ada tapi tidak bisa mendeteksi jaringan hotspot, maka ada kemungkinan Anda belum menghidupkan Wireless Zero Configuration. Anda bisa menghidupkannya dengan menuju

Start->Run->ketikkan services.msc
Setelah muncul Jendela Services akan ada banyak nama service disana
Cari Wireless Zero Configuration
Klik kanan->Properties
Setelah muncul Jendela Wireless Zero Configuration Properties
Cari Startup Type
Jika masih manual, ubah jadi “Automatic” dan klik OK.
Disini Anda akan kembali lagi ke Jendela Services awal. Klik kanan lagi di Wireless Zero Configuration dan pilih Restart untuk menghidupkan Service Wireless Zero Configuration supaya bisa mendeteksi hotspot di sekitar anda.
3. Bersihkan sisa koneksi hotspot
Jika wifi anda sudah bisa mendeteksi hotspot tapi tetap tidak bisa connect, maka kemungkinan anda harus membersihkan “sisa” koneksi hotspot anda yang lama.
Klik ke lambang wifi di pojok kanan bawah
Masuk ke advanced setting, disini akan keluar kotak
Kemudian masuk advanced,
jika anda melihat ada nama-nama hotspot yang dulu pernah tersambung dengan anda, maka hilangkan semua dengan mengklik tombol remove hingga nama-nama hotspot tersebut hilang. Sekarang coba kembali untuk connect ke hotspot anda.
4. Install ulang Windows
Install ulang Windows bisa menjadi solusi jika windows anda ternyata sudah tidak stabil dan menyebabkan wifi anda bermasalah.
Tips diatas adalah solusi sederhana dari Mister Laptop untuk mengatasi wifi bermasalah. Jika anda sudah mencoba keempat langkah diatas dan wifi anda masih mengalami masalah, ada kemungkinan kartu wifi anda rusak atau perlu diganti.

20 comments:

  1. Aku pakai Laptop Toshiba Satelite L510, Aku mau tanya, internet wifi ku sudah 5 hari ini tidak bisa digunakan, padahal ada tampil icon wifi di pojok bawah kanan dan ketika aku menggunakan internet menggunakan kabel internet pun tidak bisa padahal tampil icon kalau sedang koneksi internet..bagaimana ya cara mengatasinya...mohon infonya ke emailku..andrews_sh06@hotmail.com
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. laptop aku juga bermasalah sama seperti kam u. tolong bagi solusi email ke hidayatrandy@rocketmail.com. terima kasih

      Delete
  2. saya pake compaq presario cq 40-416 AU,lampu power dan wifi nyala tapi di layar tidak ada tampilan,mohon petunjuk ya mas .makasih

    ReplyDelete
  3. makasih gan buat infonya..sekarang saya udah bisa pake wifi lagi..

    ReplyDelete
  4. Saya mau nanya nih gan , saya Pake Wi-Fi TP-Link . sudah lama saya ngegunain wi-fi itu hampir 8 bulan , tapi ko sekarang Icon Antena yang Di Wi-Fi saya ko gak nyala ? Gimana caranya nih gan ? Kalo pake kabel internet bisa , tapi saya suka Browsing di Hp + Ipad ,gimana nih solusi nya ? Harap cepat balas yah gan
    ~Terimakasih

    ReplyDelete
  5. mau tanya juga nih gan, wifi netbook ane dulu konek ke publik hotspot dket rumah, tapi sekarang dah gak konek lagi.,padahal wireless terdeteksi dengan signal kuat,tiap kali mau dikonekin muncul kotak trouble shoot.,anehnya kalo laptop lain masih pada konek.,ane dah coba ganti driver,pake software resseter wifi,ganti mac address,bahkan dah coba ane install ulang windowsnya,tapi hasilnya tetap gak konek,mohon solisinya gan? THX

    ReplyDelete
  6. terima kasih untuk sharingnya gan. saya sudah solved sekarang masalahnya

    kunjungi http://bongkarodng.blogspot.com ya

    ReplyDelete
  7. klo punya ane aneh ni gan,,,,klo pke wifi publik g mau conect,tp klo hpnya jd hotspot laptop ane bisa conect,gmna gan solusinya

    ReplyDelete
  8. saya punya laptop compaq 510 sinyal wifi saya tdak menyala dan tdak mau terhubung ke internet

    ReplyDelete
  9. saya punya laptop compaq 510 sinyal wifi saya tdak menyala dan tdak mau terhubung ke internet

    ReplyDelete
  10. Mas saya mau nanya, kenapa ya laptop saya merk Asus K43U, ko tidak bisa deteksi kabel LAN yang saya colok dilaptop, biasanya setelah saya instal ulang pas colok kabel internetnya langsung bisa. tapi ini kenpa nggak bisa, padahal baru saja instal ulang windows. tolong ya mas bantuannya...
    Salam dari Orang Kalimantan Tengah.

    ReplyDelete
  11. terima kasih gan infonya..
    sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih infonya~ sudah sedikit membantu..

    ReplyDelete
  13. Gan..gimana cara memyambung hotspot ke laptop compaq 510... Terima kasih

    ReplyDelete
  14. saya menggunakan acer 4735 ketika wifi dihidupkan untuk internet selang beberapa jam laptop restasrt apa nya pa... mohon untuk diinformasikan

    ReplyDelete
  15. ada link download driver adapter wireless untuk acer Aspire E14 gak??
    mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  16. gak ada wireless zero config...tapi adanya wired autoconfig properties, gimana dong?

    ReplyDelete
  17. laptop saya hp windows8 32 bit tetapi tidak bisa menerima wifi kenapa

    ReplyDelete
  18. tadinya wifi saya baik baik saja sya mengunakan speedy , tpi setelah laptop di conekan dengan wifi ,...tadinya berjalan baik ,setelah itu laptop di matikan tidak bisa conect wifi di laptop muncul ssid wifi , lanjut conect wifi bisa mengudara tapi sayang , semua anfroid yg terkoneck dengan ssid ,tidak dapat di gunakan alias tidak bisa coneck ,..dengan setatus wifi sekrang KEGAGALAN PADA SAMBUNGAN WLAN,tidak dapat conect wlan , mohon petunjuknya gan...

    ReplyDelete
  19. Maaf gan saya mau tanya. Laptop saya lenovo. Nah sebelum laptop saya sempat rusak beberapa bulan kemarin. Wifi di laptop saya berjalan normal. Kemudian setelah di perbaiki oleh adik saya sendiri. Laptop saya mengalami gangguan pada wifinya. Ada tanda kabel dan pc yang di silang merah. Kemudia saya pilih troubleshoot. Problems found nya bertuliskan "a network cable is not properly plugged in or may be broken". Saya sudah mencoba untuk kembali melepas perangkat laptop saya dan membersihkan adapter wifi dengan penghapus. Kemudian juga mengikuti langkah dari anda tapi tetap saja tidak bisa. Itu kenapa ya gan, mohon bantuannya.
    Bisa hubungi saya lewat email saya gan
    Xuemei2903199@gmail.com
    Makasih

    ReplyDelete